Jumat, 07 Desember 2012

Ada ‘Kota’ di dalam KOTA dan ada ‘Negeri’ di dalam NEGERI?!

Gimana jadinya kalo ada ‘Kota’ di dalam KOTA dan ada ‘Negeri’ di dalam ‘NEGERI'? Amazinngg banget gak tuh, gan! Juragans, bisa bayangin ga gimana chaos-nya kalo itu terjadi?!?

Ternyata eh ternyata, semua itu udah terjadi di Indonesia, tepatnya di Ibukota tercinta! Eitssss... jangan panik dulu, gan! Soalnya ‘Kota’ di dalam KOTA dan ‘Negeri’ di dalam NEGERI ini justru menimbulkan kekacauan yang positif banget yaitu bisa jadi tempat kita berwisata edukasi! Wuihhh... canggih banget ga, tuh?!


Nah, sekarang ane mau ngajak agan-aganwati untuk ber-wisata edukasi. Jalan-jalan sambil menambah ilmupengetahuan dan pengalaman kita. Siapa tau bisa jadi ide untuk rencana liburan Natal dan akhir tahun nanti!
Wisata kita mulai dari ‘Kota’ di dalam Kota!




dah ada yang bisa nebak donk, kalo itu dimana? Yupp… Bener banget ‘Kota’ yang ane maksud diatas itu adalahKidzania – sebuah Theme Park Kota khusus anak-anak yang ada di salah satu Mall besar di Jakarta.

KIDZANIA adalah sebuah pusat rekreasi berkonsep EDUTAINMENT yang unik bagi anak-anak usia 2-16 tahun serta orang tua nya. Theme Park ini dibangun khusus menyerupai replika sebuah kota yang sesungguhnya, namun dalam ukuran anak-anak, lengkap dengan jalan raya, bangunan, ritel juga berbagai kendaran yang berjalan di sekeliling kota.

Di kota ini, anak-anak memainkan peran orang dewasa sambil mempelajari berbagai profesi. Misalnya, menjadi seorang dokter, pilot, pekerja konstruksi, detektif swasta, arkeolog, pembalap F1 dan lebih dari 100 jenisPROFESI dan PEKERJAAN orang dewasa lainnya. Disini juga terdapat bangunan-bangunan yang umumnya terdapat di sebuah kota, seperti Rumah Sakit, Supermarket, Salon, Teater, Kawasan Industri, dan banyak lagi, gan! Kalo di theme park lain disebutnya wahana, nah kalo disini disebut “establishment”.

Agar memungkinkan anak-anak untuk mengambil inisiatif dan melakukan apa saja yang mereka ingin lakukan, orang dewasa tidak boleh masuk ke dalam establishment atau berpartisipasi dalam kegiatan sama sekali. Orang dewasa hanya bisa melihat aktivitas dan prestasi anak-anak mereka dari luar establishment. Atau orang dewasa bisa memilih untuk menjadi penonton di Teater dan Stasiun TV. Disini juga disediakan Parents Lounge, tempat untuk Dewasa untuk bersantai ketika Anak-anak bermain.

Untuk anak-anak berusia 6 tahun kebawah juga tersedia area khusus, Urbano’s House. Khusus di area inim orang dewasa bisa masuk daerah ini bersama anak-anak mereka. Area ini juga dilengkapi druang menyusui serta tempat penggantian popok.

Khusus di theme park ini, anak-anak menggunakan mata uang resmi, KIDZOS. Tujuannya selain anak-anak dapat belajar mengenai profesi, mereka juga belajar menghargai nilai uang dengan cara memilih profesi yang mereka inginkan lalu mendapatkan upah atas jerih payah mereka. Upah yang mereka dapatkan ini kemudian bisa digunakan untuk membeli barang atau menggunakan jasa yang tersedia. Seru banget kan?

Pacific Place Shopping Mall lt 6, Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53, Kawasan Niaga Sudirman (SCBD), Jakarta 12190.

0 komentar:

Posting Komentar