Minggu, 12 Januari 2014

Banjir Ancam Jakarta kembali

Jakarta - Hujan lebat sejak pagi tadi melahirkan genangan air di mana-mana. Bahkan genangan sempat memasuki lobi lantai dasar (ground floor) Street Gallery atau yang terkenal dengan sebutan Pondok Indah Mall 3 di Jl Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan. 

Seorang pelayan kafe di lantai dasar menjelaskan, air sempat menggenangi lantai sekitar pukul 13.00 WIB. "Ya, tadi siang memang sempat banjir di sini, Mbak. Tapi sekarang sudah aman kok," ungkap pekerja tersebut saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (12/1/2014) pukul 17.00 WIB.

Genangan itu sempat ramai diperbincangkan di twitter. Terdapat juga foto yang diunggah yang memperlihatkan genangan dan pekerja sebuah coffee shop yang mencoba mengusir air dari tempatnya bekerja. 

BMKG telah mengingatkan tingginya intensitas hujan di bulan Januari ini. Curah akan semakin meningkat dan mencapai puncaknya pada akhir bulan hingga awal Februari 2014. BMKG juga terus memantau potensi cuaca ekstrem.

Jakarta - Hujan deras yang turun sejak pagi membuat kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, tergenang air. Genangan ini cukup tinggi sehingga membuat kendaraan mengarah ke Lebakbulus sukar melewatinya. 

TMC Polda Metro Jaya, Minggu (12/1/2013), menyatakan genangan ini terjadi sekitar pukuk 14.00 WIB di Jl Arteri Pondok Indah, di dekat bundaran. Genangan ini memiliki kedalaman sekitar 30 cm. Meski tergenang masih banyak mobil dan juga motor yang menerabas.

Banjir juga menggenangi kawasan Pondok Indah Mall. Banjir ini bahkan sampai masuk ke dalam lantai dasar pusat belanja elite ini. 

Banjir juga terjadi di sekitar flyover Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Akibatnya kendaraan harus antre panjang untuk lewat.

Jakarta - Hujan deras sejak pagi hari membuat sejumlah wilayah Jakarta yang merupakan langganan banjir, tergenang. Berikut informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta yang dihimpun detikcom, Minggu (12/1/2014):

Jakarta Timur: Kelurahan Cipinang Muara (30 cm), Kelurahan Kampung Melayu (120 cm), Kampung Rambutan (60-75 cm), dan Kelurahan Cawang (30-60 cm).

Jakarta Barat: Kelurahan Cengkareng Timur (50 cm) dan Rawa Buaya (20-30 cm)

Jakarta Pusat: Petamburan (30-80 cm)

Jakarta Selatan: Pondok Labu (30-60 cm) dan Kelurahan Pondok Pinang (30-40 cm)

Jakarta Utara: Cakung Cilincing (40-50 cm)

"Sementara ini informasi terbaru yang kami terima, Jakarta Utara baru Cakung Cilincing saja yang diketahui. Namun, kami mencium potensi adanya genangan air yang cukup tinggi di Penjaringan," ujar Basuki dari Pengendalian BPBD saat dihubungi detikcom pukul 16.00 WIB.

Dia menambahkan bahwa saat ini sudah ada permintaan perahu karet untuk kawasan Penjaringan. Meski demikian, Basuki memastikan permintaan itu masih sebatas langkah antisipasi kawasan utara itu saja.

"Potensi genangan air masih bisa akan terus meningkat karena curah hujan dan kondisi hulu yang masih tinggi," imbuhnya.

Hingga sore ini beberapa Pintu Air terpantau memasuki siaga III (waspada) seperti Ketulampa 80 cm, Angke Hulu 210 cm, Depok 200 cm, dan Manggarai 740 cm. Sementara, Pintu Air Pasar Ikan yang semula dinyatakan siaga II dengan ketinggian air 201 cm kini telah mengalami penurunan menjadi 165 cm (siaga IV).

suber info detik.com

0 komentar:

Poskan Komentar