Minggu, 12 Januari 2014

Kenapa Ratu Atut Chosiyah Kemarin Itu Dipilih

Bosen tiap hari liat atau dengar berita tentang seorang ratu yang bernama Atut Chosiyah? biar kebosenan anda dan kamu makin sempurna, blog ini mau ikut-ikutan ketik sesuatu berbau-bau si Ratu gitu. Bila berita pada umumnya bahas si Ratu yang dijenguk keluarganya lah, si Ratu yang tetep istimewa meski dibalik jeruji besi (karena dengan duitnya ia bisa bayar tahanan lain untuk nyuciin bajunya dll, bisa mengendalikan banten, masih dapat dukungan dari DPRD), nah ketik berita pada khususnya disini sejenak flashback tentang Kenapa Ratu Atut Chosiyah Kemarin Itu Dipilih?
Kemarinnya bukan kemarin hari Kamis karena sekarang hari Jumat gitu loh ya, kemarinnya itu pas pemilihan gurbernur gitu. Gini loh: sebobrok-bobroknya pemerintahan sang Ratu yang kini diolok-olok karena endingnya mendekam dibalik jeruji besi gitu, ya tetep aja si dia bisa ngeles JITU, “SAYA JADI GUBERNUR BANTEN, KARENA DIPILIH RAKYAT” (*seoalah-olah sang ratu yang ngomong gitu).
Balik lagi, Kenapa Ratu Atut Chosiyah Kemarin Itu Dipilih? mungkin, mungkin loh ya!!! apa karena:
  1. Dia seorang ratu yang selalu tampil necis dengan balutan busana hingga asesoris yang waow gitu?
  2. Wakilnya bang doel (Rano Karno) yang semua orang tau ia dulunya aktor gitu?
  3. Tidak ada pilihan calon lain yang lebih menarik?
  4. Dapat anu (duit) agar milih sang ratu gitu?
  5. alasan lain yang apa gitu?
Padahal sang Ratu bukanlah yang pertama kali mimpin Banten gitu kan ya? jadi sebenarnya sudah ada bahan untuk evaluasi apakah selama dipimpin daerah itu jadi makin maju atau justru muncul perbedaan mencolok dimana keluarga pemimpin tampil parlente tapi masih ada warga yang amat miskin.
Kalo dibaca-baca, ia sudah mimpin Banten sejak lama alias bertahun-tahun silam. Pertama kali mulai jadi gubernur adalah taun 2005-2007, dimana awalnya ia hanya wakil namun karena pasangan intinya dinon aktifkan karena kasus korupsi ia pun maju mengantikan pasangannya sebagai gubernur. Setelah itu maju lagi, kepilih lagi sehingga jabat lagi jadi gubernur dari 2007 hingga 2012.
Kemudian ketika sang ratu maju lagi yang kemarin kepilih lagi, Kenapa Ratu Atut Chosiyah Kemarin Itu Dipilih? hayo, kenapa hayo, apa karena pemerintahannya dinilai begitu membawa perubahan bagi warga Banten? entahlah, mungkin hanya warga banten yang bisa memberi alasan yang tepat kenapa sang ratu kemarin dipilih gitu. Dan ternyata sekeluarga si ratu berbondong-bondong menjadi anggota perpolitikan di Banten via partai itu tuh, sehingga ada istilah dinasti Atut gitu. Warga Banten ya tentu tau soal yang disebut-sebut dinasti Atut itu.
Berkaca dari banyak kasus pemimpin yang akhirnya menjalankan praktek korupsi ketika ia menjabat bahkan ada yang sampai menjadi dinasti gitu, ya mungkin selaku pemilih perlu lebih apa gitu biar lagi-lagi gak salah pilih.
Tapi kadang sebagai pemilih bingung juga sih, kalau milih takut endingnya yang dipilih bisa jadi kayak gitu-gitu juga, kalau gak milih atau golput eh yang kepilih ya bisa aja ujungnya gitu-gitu juga (gitu-gitu juga: dibaca menerapkan praktek korupsi). Dan kadang pemilih itu jadi korban pencitraan belaka. Atau kadang pemilih itu sendiri mau-mau aja saat dikasih sejumlah duit 20-30ribu buat milih calon tertentu gitu.
Ah… entahlah…. 2014 tahun politik, semoga kita gak jadi korban mereka-mereka yang hanya pencitraan belaka…. sekiranya ada calon yang nganu gitu, ya jangan dipilih!
salam ketak-ketik,
dr pojokan

0 komentar:

Posting Komentar