Minggu, 12 Januari 2014

Sebastian Kurz, Menlu Austria Termuda dan Ganteng yang Hebohkan Twitter

Jakarta - Sebastian Kurz berusia 27 tahun saat dilantik menjadi Menteri Luar Negeri Austria oleh Presiden Austria Heinz Fischer pada Senin (16/12/2013) lalu. Alhasil, dia memecahkan rekor menjadi menteri termuda di negara waltz itu. Kurz langsung menjadi pembicaraan khalayak, tak cuma di Ausria tapi juga di Eropa dan dunia.

Penampilan Kurz sebagai komandan diplomatik negara itu memang cukup parlente, dengan rambut yang disisir klimis ke belakang dan memakai setelan yang selalu rapi. 

"Memang benar, tentu saja. Merujuk usia saya, saya memiliki pengalaman yang terbatas dalam dunia diplomatik. Tapi yang saya bawa adalah ketekunan, semangat dan gairah untuk berkontribusi memberikan sesuatu," kata Kurz kepada Reuters yang dikutip Rabu (18/12/2013).

Sebagai generasi muda, tentu dia tak luput dari sosial media. Bahkan tugas pertamanya sebagai Menlu dia twit melalui akunnya @sebastiankurz. Kurz menjelaskan telah mengirimkan ucapan duka cita kepada Nelson Mandela yang wafat pada Desember 2013 ini.

"At my first day in office I just had the opportunity to sign Nelson Mandela’s book of condolences to express our respect & admiration," begitu tulis Kurz. 

Kurz adalah anggota Partai Rakyat Austria (OVP). OVP yang berkoalisi dengan Partai Sosial Demokrat Austria baru saja memenangkan pemilu pada September 2013 lalu. Sebenarnya dalam Pemilu 2013 lalu itu, Kurz berhasil terpilih menjadi anggota parlemen namun akhirnya dia dipilih menjadi Menlu.

Kurz ternyata sudah aktif berpolitik pada usia cukup dini, 10 tahun. Saat itu pria kelahiran 27 Agustus 1986 itu bergabung di organisasi sayap kepemudaan OVP, Junge OVP cabang Wina tahun 2003. Dia terus aktif hingga setelah menjalani wajib militer selama setahun, dia menjadi ketua Junge OVP di tahun 2009. Isu yang digaungkannya saat itu, meminta pelayanan transportasi subway 24 jam

Saat terpilih menjadi Dewan Kota Wina pada 2010, Kurz sangat getol mengangkat isu keadilan generasi dan pensiun. Sebelum menjadi Menlu Austria, Kurz menjadi Dirjen bidang Integrasi dan Imigrasi di Kementerian Dalam Negeri Austria saat berusia 24 tahun. Dia getol menyoroti integrasi di bagi imigran dan komunitas muslim. 

Di balik kesuksesannya, Kurz ternyata tidak bertindak sendiri namun memiliki tim sukses yang bisa diandalkan. Kurz juga dinilai rendah hati kendati menjadi menteri termuda dalam sejarah Austria.

Kurz masih tinggal di flat kelas pekerja di suatu distrik di Wina. Dia menegaskan, tak akan ada yang berubah, termasuk lingkaran teman-temannya.

"Ini langkah besar, tapi itu tidak berarti lingkaran pertemanan atau pendekatan hidup saya berubah. Saya pastinya masih laki-laki yang sama, apa adanya," tutur Kurz. 

Rata-rata anak muda Austria lulus kuliah pada usia 27 tahun tapi salah satu menteri mengatakan, bahwa Iskandar Agung juga menaklukkan Persia pada usia yang sama. 

Di sosial media Twitter, akun miliknya @sebastiankurz di-mention penuh kekaguman oleh kaum hawa, termasuk pujian bahwa dia..ehm, ganteng!

"Guten morgen @sebastiankurz the charming youngest minister in Europe, have a great day in your 2nd day in office! Liebe grue aus Indonesien," demikian salah satu mention pada Kurz.

0 komentar:

Posting Komentar